You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Pungkit
Desa Pungkit

Kec. Moyo Utara, Kab. Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Sosialisasi Sistem Informasi Desa di Kecamatan Moyo Utara: Menuju Satu Data Kabupaten Sumbawa 2023

Administrator 13 September 2023 Dibaca 14 Kali
Sosialisasi Sistem Informasi Desa di Kecamatan Moyo Utara: Menuju Satu Data Kabupaten Sumbawa 2023
Kepala Bappeda Sumbawa yang diwakili Kabid Litbang Bappeda Arya Ningsih, Ph.D menyampaikan apresiasi kepada Camat Moyo Utara Muhammad Nur, S STP, M.M.Inov beserta segenap jajarannya atas terselenggaranya Acara yang bertemakan "Sosialisasi Sistem Informasi Desa di Kecamatan Moyo Utara: Menuju Satu Data Kabupaten Sumbawa 2023". Rabu, 13/09/2023 bertempat di Aula Kantor Camat Moyo Utara yang dihadiri oleh Kepala Desa dan Operator SID se-kecamatan Moyo Utara.
Menyimpulkan sambutan Bappeda Sumbawa dan Camat Miyo Utara tentang SID dapat diuraikan sebagai berikut :
Bahwa Sistem Informasi Desa (SID) telah menjadi salah satu alat penting dalam pemerintahan daerah untuk mengelola data dan informasi yang berkaitan dengan pembangunan dan pelayanan masyarakat. Dalam konteks Kabupaten Sumbawa, sosialisasi SID di Kecamatan Moyo Utara menjadi langkah strategis dalam upaya menuju Satu Data Kabupaten Sumbawa 2023.
Mengapa Sosialisasi SID Penting?
Sosialisasi SID di Kecamatan Moyo Utara memiliki beberapa alasan penting. Pertama, SID memungkinkan pengumpulan data yang akurat dan terkini mengenai kondisi sosial, ekonomi, dan infrastruktur di desa-desa. Dengan memiliki data yang lengkap dan terpercaya, pemerintah dapat merencanakan pembangunan yang lebih efektif dan efisien.
Kedua, SID juga memungkinkan pemerintah dalam menghasilkan kebijakan yang berdasarkan pada data empiris. Dengan adanya data yang valid, keputusan pemerintah akan menjadi lebih transparan, terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan meminimalisir potensi penyalahgunaan wewenang.
Ketiga, sosialisasi SID juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan. Dengan akses yang mudah dan transparan terhadap data, masyarakat dapat lebih terlibat dalam proses pembangunan dan mengawasi pelaksanaannya. Hal ini akan membantu menciptakan pemerintahan yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
Manfaat Sosialisasi SID di Kecamatan Moyo Utara.
Sosialisasi SID di Kecamatan Moyo Utara memiliki beberapa manfaat yang signifikan. Yaitu dengan adanya SID, pemerintah dapat lebih efektif dalam mengelola sumber daya dan anggaran. Data yang akurat dan terkini akan memungkinkan pengalokasian anggaran yang tepat sasaran dan peningkatan efisiensi penggunaannya.
--------
Pemateri : Muhammad Ungang, Pegiat OpenSID dari Perkumpulan Desa Digital Terbuka (Opendesa) sekaligus sebagai pendamping SID Kab. Sumbawa.
Erwin Mardinata Programer IT di Dinas Kominfotiksandi Pemkab Sumbawa
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image